Rabu, 03 Mei 2017

rpp-ski



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013 (RPP)

Nama Sekolah           : MTs Muhammadiyah
Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester          : IX/ Genap
Materi Pokok             : Sejarah Perkermbangan Islam Nusantara
Alokasi Waktu           : 1x10 Menit



A. Kompetensi Inti (KI)
      KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
 KI-2   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  KI-3  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1         Memahami latar belakang masuknya islam di nusantara
2.1         Menghayati nilai-nilai proses masuknya Islam di Nusantara.
3.1         Menghargai keteladanan dari ketekunan dan kegigihan para mubaligh dalam mensyiarkan islam di Nusantara.
4.1         Menunjukkan sikap kemauan ikut melestarikan Islam di Nusantara.
Indikator
§  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara. 
§  Menyebutkan nilai-nilai dari proses masuknyna Islam di Nusantara.
§  Mengidentifikasi penyebab mudah berkembangan islam di nusantara.
§  Membiasakan diri berperilaku proaktif terhadap ajaran Islam.
C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara.
2.      Siswa dapat  menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam proses masuknya Islam di Nusantara.
3.      Siswa dapat menyebutkan penyebab mudah berkembangnya islam di nusantara.
4.      Siswa dapat menjelaskan bentuk proaktifnya terhadap pensyiaran Islam di Nusantara.

D.  Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Asal-usul Islam di Nusantara
Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Padahal jika kita melihat sejarah lahirnya agama Islam yang dibawa para Nabi, Indonesia tidak begitu dikenal. Namun berkat kegigihan para dai dan  ulama,  perkembangan  Islam  di  Nusantara  begitu  pesat  sampai saat ini. Lalu bagaimanakah alur perjalanan dakwah di Nusantara?
para ahli sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama  Hindu-Buddha.  Pengaruh-pengaruh  tersebut  berdampak  pada pola  hidup  masyarakat  di  Indonesia.  Namun,  dalam  perkembangannya pengaruh Islam jauh lebih kuat daripada agama Hindu-Buddha. Masuknya  agama  Islam  di  Nusantara  melalui  jalur  perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai. Ajaran islam mudah diterima dan mendapat perhatian dari penduduk Nusantara. Berbagai sumber sejarah menyatakan  bahwa  agama  Islam  sudah  masuk  ke  Indonesia  pada  abad ke-7 M. Namun keberadaan para pemeluk ajaran Islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Aceh sebagai kerajaan Islam yang pertama.
Proses  masuknya  Islam  di  Indonesia  berjalan  secara  bertahap  dan melalui  banyak  jalan  .  Menurut  para  ahli  sejarah,  teori-teori  tentang kedatangan Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut.
a) Teori Mekah
Menurut  teori  Mekah, proses  masuknya  Islam  ke Indonesia  adalah  langsung dari  Mekah  atau  Arab.  Terjadi pada  abad  pertama  Hijriyah atau  abad  ke-7  Masehi.  Para pedagang  dari  Timur  Tengah memiliki  misi  dagang  dan dakwah  sekaligus.  Bahkan motivasi  dakwah  menjadi pendorong  utama  mereka datang  ke  Nusantara.  Orang-orang  Arab  yang  datang ini  kebanyakan  adalah  keturunan  Nabi  Muhammad  saw.  yang menggunakan gelar “sayid” atau “syarif” di depan namanya. Menurut para  ahli  sejarah,  jalur  perdagangan  antara  Indonesia  dengan  Arab telah berlangsung jauh sebelum masehi.
b) Teori Gujarat
Teori  Gujarat  mengatakan  bahwa  proses  kedatangan  Islam  ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-7 H atau abad ke-13 M. Gujarat  adalah  sebuah  wilayah  di  India  bagian  barat,  berdekatan dengan  Laut  Arab.  Menurut  teori  ini,  orang-orang  Arab  bermazhab Syaf’i telah bermukim di Gujarat dan Malabar sejak awal Hijriyah (abad ke-7 Masehi). Namun yang menyebarkan Islam ke Indonesia bukanlah dari  orang  Arab  langsung,  melainkan  pedagang  Gujarat  yang  telah memeluk  Islam  dan  berdagang  ke  Nusantara.  Orang-orang  Gujarat telah  lebih  awal  membuka  hubungan  dagang  dengan  Indonesia dibanding dengan pedagang Arab
c)  Teori Persia
Teori  Persia  mengatakan  bahwa  proses  kedatangan  Islam  ke Indonesia berasal dari daerah Persia atau Parsi (sekarang Iran). Sebagai buktinya, ada kesamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat  Parsi  dan  Indonesia.  Tradisi  tersebut  antara  lain  adalah tradisi merayakan 10 Muharram atau Asyuro.
2.      Strategi Penyebaran Islam di Nusantara
a.    Perdagangan
b.   Perkawinan
c.    Seni budaya
d.   Pendidikan
e.    tasawuf
3.      Faktor-faktor yang mendukung mudah tersebarnya islam di Nusantara
a.    Syarat masuk agama Islam sangatlah mudah. Seseorang hanya butuh mengucapkan kalimat syahadat untuk bisa secara resmi masuk Islam.
b.   Agama Islam tidak mengenal sistem pembagian masyarakat berdasarkan perbedaan kasta. Setiap anggota masyarakat memiliki kedudukan yang sama sebagai hamba Allah SWT. Kenyataan ini berbeda dengan kondisi sebelumnya dimana masyarakat terbagi dalam kasta-kasta.
c.    Penyebaran agama Islam dilakukan dengan jalan yang relatif damai (tanpa melalui kekerasan)
d.   Sifat masyarakat Nusantara yang ramah tamah memberi peluang untuk bergaul lebih erat dengan bangsa lain. Di dalam pergaulan itu, terjadi saling mempengaruhi dan saling pengertian.
e.    Upacara-upacara ke agamaan dalam Islam lebih sederhana, dan di padankan dengan upacara-upacara yang telah ada sebelumnya.
f.    Faktor-faktor diatas, didikung pula dengan semangat para penganut Islam untuk terus menyebarkan agama yang telah dianutnya. Bagi penganut agama Islam, menyebarkan agama Islam adalah sebuah kewajiban.

E.  Media Pembelajara
·      LCD & Proyektor
·      Laptop


F. Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan

G. Sumber Pembelajaran
§   LKS  Sejarah Kebudayaan Islam IX Semester Genap
§   Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru membuka dengan doa dan salam
§  Guru mengkondisikan kelas
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mengajukan pertanyaan secra komunikatif berkaitan dengan sejarah perkembangan islam di Nusantara
§  Ice breaking
2 menit
Inti
Mengamati
§  Peserta didik memperhatikan ilustrasi dan slide/powerpoint tentang perkembangan islam di Nusantara melalui proyektor LCD secara interaktif
§  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang materi sejarah perkembangan islam di Nusantara
§  Peserta didik mengamati dan membaca materi sejarah perkembangan islam di Nusantara
Menanya
§  Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum jelas dari hasil melihat tayangan dan membaca materi sejarah perkembangan islam di Nusantara
Mengeksplorasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan mengidentifikasi sejarah perkembangan islam di Nusantara
 Mengasosiasikan
§  Peserta didik menginventarisir dan mendiskusikan latar belakang sejarah perkembangan islam di Nusantara
Mengkomunikasikan
§  Peserta didik memaparkan kembali mengenai materi sejarah perkembangan islam di Nusantara
6 menit
Penutup
§  Guru membuat simpulan tentang materi ajar.
§  Guru mengadakan evaluasi.
§  Guru menyebutkan materi pelajaran yang akan dipelajari selanjutnya.
§  Guru menugaskan peserta didik mencari keterangan tentang kerajan-kerajaan Islam di Nusantara dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber).
§  Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam
2 menit





I. EVALUASI
            EVALUASI I
1.      Kapan kedatangan islam ke Nusantara menurut teori arab?
2.      Sebutkan faktor mudah berkembangnya islam di nusantara ?
3.      Sebutkan  cara dan metode penyebaran islam di Nusantara?
4.      Siapa saja yang berperan dalam penyebaran islam di Nusantara?
5.      Sebutkan dasar teori persia dan siapa pendukuunngnya?

Skor = B  X 100
                        N
Ket:
B: Butir soal yang dijawab benar
N: Banyaknya butir soal

EVALUAS II
NO
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Apakah anda paham dengan sejarah perkembangan islam di Nusantara.


2
Apakah anda selalu mensyiarkan ajaran  Islam di daerah anda


3
Apakah anda sudah tahu nilai-nilai yang dapat di ambil dari sejarah perkembangan islam di Nusantara.





PRAKTIKAN                                                        DOSEN PENGAMPU



Miftakhul Ulum                                                      Chusna Maulida, M.Pd.I
NIM: 2021114300                                                   NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar